sauteed smoked beef potato ala me

Ini gara2 nonton Julie and Julia untuk yang kedua kali. Tiba2 mood untuk masak2 keluar. Just like that.

Masak adalah salah satu hal yang saya suka lakukan untuk mengurangi stress selain makan (off course!), nonton, baca, dan nulis. Saya bilang suka, bukan berarti jago. Ini dua kata yang berbeda yang suka di asumsikan mempunyai arti yang sama oleh beberapa orang :D.

Kata ibu saya, dari kecil saya sudah suka banget masak. Saya sendiri nggak inget. Dulu, waktu saya masih SD, orang tua saya sering bepergian keluar kota. Praktis kami hanya tinggal bersama selama 2 minggu selama sebulan. Selebihnya banyak yang merawat saya dan kedua kakak saya. Mulai dari om tante (angkat), kakak2 (angkat), bahkan sampe para tetangga. Jadi ada kalanya waktu pulang sekolah, saya tidak mendapati makan siang sudah terhidang di meja. Jadi ya, saya harus masak. Mulai dari bikin sambel sendiri, trus dimakan dengan nasi dan krupuk, atau goreng telor. Lama kelamaan karena bosan dengan telor dadar/ceplok, saya mulai mencoba untuk berimprovisasi. Telor di campur ini, telor dikukus, telor digituin dan seterusnya. Mami sangat bangga… anaknya yang masih SD bisa masak sendiri. Hahahaha…

Dan hobi ini masih berlanjut sampai sekarang. Saya bahkan memastikan cable TV saya memiliki channel memasak seperti AFC, discover travel and living dan lain2nya lagi. Yap, saya bahkan sangat suka nonton acara memasak dan memakan :D. Beberapa kali saya kepikiran untuk mengambil kursus masak. Tapi lagi, kemalasan menjadi tembok penghalang yang sangat besar dan tebal. Akhirnya saya hanya memasak ketika waktu saya sangat luang dan emang lagi kepingin tak tertahankan. Seperti malam ini.

Tadi siang saya ke Carrefour untuk beli kentang, smoked beef dan anchor butter. Bukan berniat untuk memasak sesuatu particularly. Hanya saja si yayang sekarang setiap malam hanya ingin makan kentang rebus diolesi butter, dan smoked beef bisa dijadikan kudapan sambil nonton DVD yang minggu lalu saya beli dan belum sempet ditonton. Tapi setelah saya nonton Julie and Julia (kalau kamu sudah nonton film ini, kamu akan tahu banyak sekali scene memasak di film ini), tiba2 saya merasa sangat ingin memasak. Masakan yang ga terlalu njelimet, simple tapi enak. Dengan bahan yang sudah saya punyai tentunya. Akhirnya saya pause film itu, dan mulai ke dapur. Berniat membuat Sauteed Smoked Beef Potato. Ala me.

Saya kupas 2 butir kentang, potong menjadi 4 bagian lalu rebus dengan air dan garam. Sambil menunggu kentang melunak, saya memotong smoked beef menjadi irisan kecil memanjang dan mencincang 1 siung bawang putih. Setelah kentang setengah matang, tiriskan airnya dan potong setebal 1/2 cm. Kemudian untuk menumis, saya menggunakan 2 sendok makan butter dan melumerkannya di wajar. Masukan bawang, tumis sampai wangi, lalu masukan smoked beef, aduk2 sebentar lalu masukkan kentang. Beri 1 jumput garam dan 2 jumput lada hitam kemudian aduk hingga rata.

VOILA! Jadilah Sauteed Smoked Beef Potato ala Me. Setelah di taruh di piring, beri setengah sendok butter di atasnya (yap.. you can never have too much butter :D), dan biarkan meleleh.

Yum… waktunya bersantap sambil meneruskan nonton Julie and Julia. 😉

Advertisements

11 Comments

Filed under iseng2, masak, mumbling, some thoughts

11 responses to “sauteed smoked beef potato ala me

  1. skrinsyut hasil masakannya mana nih?

  2. iya, mana foto hasilnya ?
    saya yakin enak

    dan film itu,
    ah vcd yg kmaren saya sewa rusak,
    ntar pinjem lg ah 🙂

  3. eve

    ga sempet di skrinsyut keburu kemakan. ehehehehe… ga sabar 😀

  4. eve

    ntar deh kalo masak lagi gue fotoin 😀

  5. Sounds yummy..nyoba ah..

  6. hmm. saw the movie, really love how mrs streep acted as a tall lady. She was huge…
    Love to eat, can eat basically everything (except strange things), but prefer Asian food more than european. I love eating european food, but asian still my favorite number 1. So at home I wont hassle myself to bake potatoes.
    Nice to read your blog again. Regards.

  7. ohoho ayo coba masak pake sayuran biar sayah bisa ikutan

    *big grin*

  8. hobi masak ama makan ya..

  9. woelank

    kayanya enak nih…
    kapan2 kalo mau masak2 lagi undang2 dunk eve….

  10. eve

    @woelank: siaaaaaaaaappppp 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s