Seven Pounds

seven-pounds
Genre: Dramas
Theatrical Release:Dec 19, 2008 Wide
Box Office: $69,951,824
Starring: Will Smith, Rosario Dawson, Woody Harrelson, Barry Peppe
Director: Gabriele Muccino
Screenwriter: Grant Nieporte
Produser : Todd Black, Will Smith, Jason Blumenthal
Studio: Columbia Pictures

Menurut saya Tim Thomas yang menggunakan nama Ben Thomas (Will Smith) adalah seorang lelaki yang entah sangat kuat dan pemberani, ataukah hanya seorang pengecut yang berusaha melakukan pembenaran atas kepengecutannya. Terlibat dalam suatu kecelakaan hebat sebagai masa silamnya yang menewaskan 7 orang, termasuk salah satunya adalah tunangannya, Sarah Jenson (Robinne Lee). Ingin menebus dosa serta mengatasi rasa bersalahnya, Ben memutuskan untuk melakukan random kindness to 7 random people in need. Emily Posa (Rosario Dawson), Ezra Turner (Woody Harrelson), Holly Apelgren (Judyann Elder), Connie Tepos (Elpidia Carrillo), dan Ben’s Brother, the actual Ben Thomas (Michael Ealy),  adalah beberapa orang-orang yang sangat membutuhkan pertolonga.  Menarik? Sampai sini belum.

Tapi apakah yang akan dilakukan Ben untuk bisa menolong orang2 ini? Itu yang menarik. Ia bahkan harus melakukan research yang mendetil tentang keadaan orang2 ini. Mulai dari keadaan keuangan, keluarga, kesehatan bahkan hubungan mereka dengan pasangan mereka. Sedikit nosy. Tapi kalau kamu tahu apa yang akan ia lakukan, saya pikir tindakannya adalah tindakan yang wajar. Rencana ini dibantu oleh seorang pengacara yang juga sahabat dari masa kecilnya, Dan (Barry Pepper), yang walaupun dengan berat hati, tetap ingin menunjukkan loyalitasnya sebagai seorang sahabat.

Awal film ini sedikit membingungkan. Membuat kita menebak-nebak apa yang akan terjadi dan apa yang sudah terjadi. Kita terus dibuat bertanya2 dan dipaksa untuk menghubungkan satu titik hitam ke titik hitam berikutnya. Scene cutting yang halus membuat kamu enggan berhenti menebak walaupun pada titik tertentu rasanya kamu ingin menyerah karena gagal mengerti plot film ini. Seperti kata Seattle Post-Intelegence, “A movie that plays better if you know nothing about it.” Film ini seperti mengajak otak kita berpikir. Menstimulasi agar otak kita tetap bekerja walaupun kita hanya tinggal duduk manis di dalam bioskop sambil mengunyah popcorn.

Kolaborasi yang kedua antara nominee academy award, Will Smith dengan sutradara Gabriele Muccino serta produser Todd Black dan Jason Blumenthal dalam film Pursuit of Happiness ini melahirkan karya baru yang bahkan tak kalah mengharukan. Will bermain cantik, dengan menghilangkan semua bahasa tubuhnya yang selalu dianggap sebagai seorang yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri, dan mulai menjelma menjadi seorang yang tidak stabil, penuh kesedihan tanpa menghilangkan aura humanity yang juga dimunculkannya di Pursuit of Happiness.

Selain Smith, ada 2 orang yang ingin saya highlight di sini. Barry Reaper, yang mungkin performanya pernah kamu lihat dalam film Saving Private Ryan dan Greenmile, serta Woody Harrelson pemain dalam film Anger Management dan 2012 yang akan direlease tahun ini, yang walau kemunculannya sangat sedikit, tapi bisa membuat efek yang sangat dramatis pada film ini. Kematangan akting mereka menambah rasa haru bagi para penonton. Mereka begitu mendalami perannya masing2, begitu masuk ke dalam karakter masing2 hingga membuat kamu berpikir, tidak akan ada orang lain yang lebih cocok untuk memerankan peran ini. Walaupun begitu, entah mengapa saya merasa Rosario Dawson, sebagai lead wanita dalam film ini tidak bermain tuntas. Saya kurang merasa adanya chemistry yang kuat antara karakternya Emily dan Ben.

Menurut saya, film ini bagus secara keseluruhan. Walaupun seperti yang sudah saya tulis di atas, saya sedikit ragu2 apakah film ini bisa dianggap sebagai film yang humanis, ataukah hanya sekedar film tolol tentang tokoh tolol yang berusaha membenarkan kepengecutannya. Endingnya tentu saja sudah tertebak sejak 1/2 film berjalan. Tapi bagaimanapun itu tidak bisa mencegah air mata haru saya tertitik sedikit sambil berujar “kereeennn….”.

Jadi tunggu apa lagi? Mendingan kamu langsung beli tiket 21 terdekat mumpung filmnya masih baru diputar. Pesan popcorn dan Iced Blencino-nya 21 buat temenin kamu.

Selamat menonton.

Advertisements

8 Comments

Filed under reviews

8 responses to “Seven Pounds

  1. wah aku suka will smith cuma di pursuit of happiness, film lain enggak suka, abis di situ acting nya baru bagus..
    tapi kayak nya bagus juga nih pelem.. nonton ahh

  2. Eru

    Look’s good,

    naah! no 21.. bioskop di bali aga susa nayangin yang beginian..
    * siap2 nyari DVD *

  3. Sori ralat dikit, Dan itu diperankan oleh Barry Pepper (pernah main bareng Smith dalam Enemy of the States). Dan gua setuju, gua suka karakternya Barry Pepper dan Woody. Peran mereka kecil tapi berkesan banget.

    It’s raining hard.
    Tim Thomas: It’s time. I love you.

  4. eve

    @bangmupi, thanks. Gw juga tersentuh banget pas barry pepper maen jadi sniper di saving private ryan.

  5. eve

    dan kenapa gw nulisnya barry reaper? Pasti saat itu otak gw lagi kebayang2 film jack the reaper or something. Hhaha.. thanks Bangmupi. Typo correctionnya 🙂

  6. neonbulbs

    mmm..film ini termasuk susah dicerna menurut gw, apakah dia melakukan hal itu semua hanya untuk menebus dosa ato memang dia lakukan karena kehilangan istrinya…tough choice and tough luck got electrocuted by jellyfish…:D

  7. eve

    ataukah dia punya fettish yang aneh mengenai jellyfish gitu. you know… orang kan beda beda :)) heheheheh

  8. tapi yang saya dapat setelah nonton film ini, selain sdikit terharu mau ga mau, berpikir… memangnya siapa dia… dia pikir dengan begitu impas si 7 nyawa?

    manusia suka melakukan pembenaran sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s