Ada 1 kata yang sangat sederhana, cuma terdiri dari 4 huruf, ngga susah pronounce nya, tapi susah banget di ucapin.

Yap! Kata ‘Maaf’.
Sederhana kan bentuk katanya? Tapi ntah kenapa suka susah aja buat ngucapinnya.

Ok, saya tau kalau manusia itu mahluk yang ber-ego. Bahkan kadang2 egonya begitu besar, sampe2 ngucapin kata yang sesederhana itu aja susaaaah banget. Setelah beberapa saat memikirkan hal ini sambil nongkrong di WC, saya sampai pada kesimpulan kenapa manusia susah banget ngucapin kata maaf, karena mengucapkan kata maaf itu sama aja dengan mengakui kesalahan kita. Nah mengakui kesalahan sendiri itu kan sama beratnya dengan ngegotong kebo 3 ekor pake 1 tangan. Tapi ngga bisa dipungkiri, kita semua, manusia, sebesar apapun ego kita, suatu hari harus ngucapin kata maaf juga kan.

Akhirnya karena harus tetep ngucapin maaf, tapi sama sekali ga mau kehilangan egonya, ga mau mengempiskan kepala sedikitpun, akhirnya manusia menciptakan metode baru dalam mengucapkan kata maaf. Pernah denger ga orang yang udah jelas2 salah, tapi ngomong “Ya Maaf, tapi situ juga sih….bla bla bla”? Nah itulah metode baru pengucapan MAAF. Maaf, tapi lo juga sih…, Maaf ya, tapi abisnya elo gitu…., dan Maaf-Tapi2 lainnya. Ngucapin maaf, tapi ngga mau mengakui kesalahan sendiri. Ngucapin maaf, tapi tetep melimpahkan kesalahan ke orang lain. Ngucapin Maaf, tapi masih menuduh dan menunjuk orang lain. Itu metode terbaru pengucapan kata maaf! Jadi kalopun terpaksa ngucapin kata maaf, kita ga perlu ngakuin kesalahan kita. Jenius!!! Ego kita terselamatkan!

Tapi semakin dipikir lagi, bukankah kata ‘Maaf’ itu mestinya di ucapin dengan segala kerendahan hati, ngilangin ego, dan tulus? Tapi yah… namanya juga manusia, lebih baik makan taik daripada ngakuin kesalahan diri sendiri.

Ah, who am I talking, toh saya juga manusia….

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s